Senin, 12 Oktober 2009

Management Strategies






MANAGEMENT STRATEGIES

Antoni Tampubolon, Dr.


ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN
TERHADAP KUALITAS JASA PENGIRIMAN BARANG



 



Group: 8
Arimbi Lestari
Dinda Monica
Lidwina
Merry Astria
Natalia

Class : MKT 11 – 3C


LONDON SCHOOL OF PUBLIC RELATION
2009
              SEKILAS PERUSAHAAN
ü Dewan Komisaris dan Direksi

Pendiri : H. Soeprapto Suparno

Komisaris Utama : H. Soelasmo
Komisaris : Hj. Nuraini Soeprapto
Komisaris : R. Rusmadi
Komisaris : Hui Mariawati



Direktur Utama : H. Soeprapto Suparno
Direktur Pelaksana : H.M. Johari Zein
Direktur Keuangan : Hui Chandra Fireta
Direktur Operasional : Edi Santoso
Direktur Marketing : Mohamad Feriadi



 Profil
Berdiri pada tahun 1990, PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau JNE memulai kegiatan usahanya yang terpusat pada penanganan kegiatan
impor kiriman barang / dokumen serta pengantarannya dari luar negeri ke Indonesia.
Pada tahun 1991, JNE memperluas jaringan internasionalnya dengan bergabung bersama perusahaan-perusahaan kurir beberapa negara Asia yang kemudian memberi kesempatan kepada JNE untuk mengembangkan wilayah antaran sampai ke seluruh dunia.
Saat ini, JNE yang didukung oleh lebih dari 1000 karyawan dan tidak kurang dari 500 gerai yang tersebar luas di Indonesia, melayani pengiriman cepat, penanganan kepabeanan serta distribusi di Indonesia. Lewat situs yang efektif dan efisien , JNE juga memberi kemudahan akses atas informasi seputar layanan JNE. Kehandalan JNE juga telah dibuktikan dengan diraihnya berbagai bentuk penghargaan serta sertifikasi ISO 9001:2000 atas jasa layanan yang telah diberikan.

ü Visi dan Misi
·      Visi
Menjadi perusahaan dengan standar Internasional dibidang jasa distribusi yang mampu melayani kebutuhan segenap lapisan masyarakat dan dapat diterima menjadi tuan rumah di negeri sendiri.
·      Misi
1. Memadukan jasa pengiriman, pergudangan, pendistribusian dalam satu sistem yang terintegrasi secara efektif dan fleksibel.
2. Mendayagunakan jaringan dan infrastuktur yang dimiliki sebagai kontribusi pada proses perputaran roda ekonomi dengan didukung SDM yang profesional dan memiliki integritas moral yang tinggi.
3. Memanfaatkan perkembangan teknologi informasi secara tepat guna.
4. Mendorong pertumbuhan usaha yang berkesinambungan dalam rangka mencapai kesejahteraan dan senantiasa meningkatkan tanggung jawab sosial.

ü Nilai – Nilai Dasar
1.  Jujur
2.  Adil
3.  Disiplin
4.  Tanggung Jawab
5.  Kerjasama
6.  Peduli
7.  Visioner

ü Informasi Umum
·      Sumber Daya Manusia dan Infrastruktur
Januari 2008
          SDM : 1571 ( Full Time )
          Kendaraan : 105
·      Jam Operasional
24 hours 7 weeks a day
Customer Hours :
          Rush Handling : Setiap Hari pk. 08.00 – 24.00
          Normal Cargo : Senin – Jumat pk. 08.30 – 17.00
          Sabtu : pk. 08.30 – 13.00
          Minggu : Tutup
·      Perizinan
1.     Surat Izin Usaha Perdagangan ( SIUP )
No. 198/P.1/09-03/PB/VI/96
2.     Nomor Pokok Wajib Pajak ( NPWP )
No. 01.539.710.2-036.000
3.     Surat Izin Pengusaha Jasa Titipan ( SIPJT )
No. 240/SIPJT/DIRJEN/1996
4.     Surat Izin Usaha Jasa Pengurusan Transportasi ( SIUPJT )
No. B.272/AL.003/KW.IX/99
·      Penghargaan
Penghargaan :
          Adikarya Pos – 1998
          Adikarya Pos – 2001
          Satyalancana Wirakarya – 2004
          Superbrands Indonesia – 2005
          Anugerah Produk Asli Indonesia – 2008
·      Sertifikat
ISO 9001 – 2001, diraih 2004

ü Services Type
·      Jasa Kurir Dalam Negeri dan Intrakota

Dengan keberadaan jaringan dalam negeri yang dapat diandalkan JNE menjamin kecepatan pengantaran keseluruh wilayah di Indonesia. Beroperasi 24 jam sehari, 7 hari seminggu, JNE menawarkan waktu penjemputan dan transit yang cepat dan fleksibel kepada pelanggan.



1.    
Diplomat
Layanan Hand Carry yang ditangani oleh kurir khusus. Memberi jaminan keamanan dan kecepatan kiriman anda.


2.    
Layanan Super Speed
Mengantar kiriman peka waktu anda pada hari yang sama atau paling lambat 24 jam.




3.    
Yakin Esok Sampai
Dengan jaminan uang kembali, kami antarkan kiriman domestik Anda pada keesokan harinya atau paling lambat 48 jam. Melayani untuk tujuan 92 kota di Indonesia.

4.    
Layanan Reguler
Layanan ekspress reguler untuk tujuan domestik, mengantar seluruh jenis kiriman Anda ke seluruh wilayah di Indonesia dalam perhitungan waktu dengan harga pantas.


5.    
Ongkos Kirim Ekonomis
Paket ekonomis untuk kiriman domestik Anda yang ditujukan hanya untuk kiriman yang tidak peka waktu.

·      Jasa Kurir Luar Negeri

JNE memindahkan dokumen hingga paket besar ke berbagai tujuan di seluruh dunia dengan kecepatan dan kehandalan yang teruji. JNE juga melayani pengantaran khusus untuk kiriman peka waktu hingga tujuan akhir. Semua kiriman dimonitor setiap saat melalui program situs JNE oleh para tim kami secara professional.




·      Jasa Kargo Laut dan Udara

Kecepatan dan keamanan serta keakuratan kegiatan impor dan ekspor adalah jaminan JNE kepada pelanggan untuk keperluan jasa Kargo Laut dan Udara. Dengan jaringan luas dan strategis diberbagai negara, JNE memiliki sumber daya dan kemampuan menangani pengiriman kargo laut dan udara kemana saja setiap saat.

·      Jasa Perpindahan, Angkutan Darat dan Pergudangan

JNE menyediakan jasa perpindahan dan pengepakan barang seluruh isi kantor, pabrik, galeri atau rumah memindahkannya ke lokasi baru serta membuka pengepakan. JNE mengadakan kunjungan untuk mendiskusikan pengemasan, pengepakan serta pengaturan transportasi angkutan yang tepat sampai ke tujuan.

·      Logistik dan Distribusi

Dengan lebih dari 50 kantor cabang dan lebih dari 150 depot pengantaran di berbagai kota di Indonesia, JNE dapat melayani tepat dan cepat pengelolaan logistik dan pengantaran bagi banyak perusahaan terkemuka. Selain memiliki tim yang professional. JNE dapat melayani pelanggan dengan fleksibel sesuai kebutuhannya.



·      Jasa Penjemputan Bandara

Bertujuan untuk menjamin kelancaran proses kedatangan, transit atau keberangkatan para pelanggan, JNE menyediakan jasa pendamping melalui proses imigrasi. Mengatur transportasi, penginapan serta reservasi tiket, membantu pelanggan menghindari keterlambatan dan antrian yang tidak perlu.

ü Networking
Ø Aceh
Ø Bali
Ø Bangka Belitung
Ø Banten
Ø Bengkulu
Ø DKI Jakarta
Ø Gorontalo
Ø Jambi
Ø Jawa Barat - Timur
Ø Kalimantan Barat – Timur
Ø Lampung
Ø Maluku
Ø Maluku Utara
Ø Nusa Tenggara Timur dan Barat
Ø Sulawesi Utara – Selatan
Ø Sumatera Utara – Selatan




07 Februari 2009


Hati-hati jika mengirim dokumen melalui TIKI JNE biasanya mereka menjanjikan sekian hari dokumen/barang tersebut sudah sampai kepada sipenerima jika anda mengirim melalui TIKIJNE sebelum mengirim barang perlu ditanyakan terlebih dahulu komitmen TIKI kira-kira berapa lama barangnya sampai di tujuan.

Pengalaman yang tidak mengenakkan baru aja saya alami,beberapa waktu yang lalu saya mengirim dokumen dari Kota Pekanbaru tujuan Dabo Singkep,sebelumnya saya dijanjikan bahwa dokumen tersebut paling lama sampainya hanya beberapa hari,kemudian setelah ditimbang saya merasa ongkos kirimnya terlalu mahal 44ribu,biasanya cuma belasan ribu (44ribu mendingan pakai jasa Pos lebih murah),tapi karena saya butuh cepat tak masalah bagi saya karena sebelumnya terlebih dahulu saya ke Kantor Pos nanyain berapa lama sampainya jika dikirim melalui pos,pos menjanjikan paling cepat 1minggu,makanya saya manfaatkan jasa TIKI JNE.

Kenyataannya tidak sudah 1 minggu saya telpon sipenerima ternyata dokumen saya tak kunjung diterima, saya konfirmasi ke TIKI pekanbaru, TIKI pekanbaru kemudian menelusuri dimana keberadaan dokumen saya tersebut,setelah ditelusuri ternyata dokumen saya tersebut masih berada di TIKI batam,kemudian saya diberi nomor telpon TIKI Batam,kemudian saya telpon setelah saya telpon ternyata dokumen saya tersebut sudah berada di Batam bberapa hari yang lewat,kemudian saya tanyain kenapa tidak dikirim segera, dengan seenak perutnya dia menjawab kami menunngu barang banyak dengan tujuan yang sama,setelah barang terkumpul banyak baru saya kirim,kalau kita kirim kita rugi pak biaya ongkos kirimnya, kemudian saya jawab kalau takut rugi jangan berbisnis mbak, Perlu diketahui bahwa dokumen yang saya kirim adalah hasil penilain kinerja saya di Kantor tempat saya bertugas di Dabo Singkep,Pimpinan lama di Dabo Singkep harus menandatangani hasil kinerja saya tersebut kemudian setelah ditandatangani haru dikirim ke Tanjung Pinang dulu kemudian ditandatangani lagi di Tanjung Pinang,kemudian setelah ditandatangani di Tanjung Pinang kemudian dikirim kembali ke Pekanbaru, bayangkan jika barang itu terlambat sampai berapa kerugian yang saya alami ? Saya tidak akan naik pangkat, Saya tidak akan naik gaji, Sekarang saya bertanya apa TIKI mau mengganti kompensasi kerugian yang saya alami ?
Sekarang begini jika takut rugi jangan berbisnis,bubarkan TIKI tolong hargai kepuasan nasabah berikan pelayannan yang lebih,banyak perusahaan pengiriman tapi tentunya TIKI tidak akan mampu bersaing jika berbuat seperti ini,tolong berikan pelayan yang ekstra dan lebih dari yang lain untuk menjaga loyalitas nasabah.

Tulisan yang sama saya kirim ke TIKI dan sejauh ini hanya mendapat respon ditelpon oleh CS TIKI di Jakarta dan testi saya tidak dipublikasikan ke TIKIJNE.co.id tulisan yang dipublikasikan hanya testi yang berupa pujian,TIKI JNE perusahaan munafik.
Tulisan ini juga dimuat dibeberapa media massa,dan juga dikirim keberbagai forum internet.

Kecewa Berat TIKI JNE.
Hasrinaldi
hasrinaldi@yahoo.comjavascript:void(0)
Telp : 0811763841[e-c]
Layanan TIKI JNE YES Guarantee Service Payah
Jumat, 27 Februari 2009

Tanggal 26 Februari 2009 saya mengirim paket berisi notebook ke Denpasar dengan menggunakan Tiki JNE dengan charge 220 ribu untuk 11 kg (volumetrik) tarif YES guarantee service yang hampir 3 kali lipat tarif ekspedisi tiki ataupun ekspedisi lainnya. Kenyataannya, sampai pukul 16.00 waktu Denpasar tanggal 27 Februari 2009 barang juga belum diterima padahal status pengiriman barang telah sampai tujuan!
Alasan pihak Tiki JNE Denpasar alamat tidak diketahui,dan nomor telpon yang dicantumkan tidak bisa dihubungi, padahal nomor tersebut aktif dan tidak pernah ada telpon dari pihak Tiki serta alamat yang dicantumkan dituliskan dengan lengkap dan jelas.

Sekarang kakak saya di Denpasar diminta mengambil sendiri barang tersebut di Tiara Gatsu Denpasar. Beginikah layanan profesional dengan charge tarif hampir 3 kali tarif normal. Barang yang sama ketika dikirimkan dari Denpasar ke Jakarta hanya butuh satu hari dan sampai di Jakarta sebelum jam 1 siang dengan tarif hanya 86 ribu.

Barang tersebut sangat dibutuhkan karena akan dibawa keluar negeri. Sungguh TIKI JNE sangat tidak profesional.

Oktonius Halim
Jl. Kelapa Molek VII Blok O2 No. 2
Kelapa Gading
Jakarta Utara


















THE COMPETITORS


FedEx NYSE: FDX adalah perusahaan internasional yang memproduksi barang dan jasa di Memphis, Tennessee, Amerika Serikat. Perusahaan ini didirikan tahun 1971 oleh Angkatan Laut Amerika Serikat . Di Formula Satu sponsor ini dipakai untuk tim WilliamsF1.
http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Fedex.a310-200.n420fe.arp.jpg

http://id.wikipedia.org/skins-1.5/common/images/magnify-clip.pngPesawat pengangkut Airbus A310-200 milik FedEx




DHL merupakan perusahaan multinasional dalam bidang kurir ekspres dan logistik yang bermarkas di Bonn, Jerman dan Plantation, Florida, Amerika Serikat. Perusahaan ini didirikan tahun 1969 oleh Adrian Dalsey, Larry Hillblom, dan Robert Lynn. Saat ini DHL mempekerjakan 285.000 pekerja dan beroperasi di lebih dari 220 negara. Sejak tahun 2003 perusahaan ini berada dibawah 'payung' grup Deutsche Post Wolrd Net (DPWN) Jerman. Jumlah kantor mereka 6.500. Transportasi penerbangan berjumlah 420 serta kendaraan berjumlah 76.200. Arus pengiriman barang dan dokumen di seluruh dunia mencapai lebih dari 1 milyar kiriman per tahun.



United Parcel Service Inc. atau sering disebut UPS (NYSE: UPS) adalah perusahaan internasional dalam bidang transportasi yang bermarkas di Sandy Springs, Georgia, Amerika Serikat. Perusahaan ini didirikan tahun 1907 dengan markas sebelumnya di Seattle. Perusahaan ini mempekerjakan 407.000 pekerja dan beroperasi lebih dari 200 negara.




TNT N.V. Euronext: TNT NYSE: TNT merupakan perusahaan internasional dalam bidang kurir yang bermarkas di Hoofddorp, Belanda. Perusahaan ini mempekerjakan 161.000 pekerja dan beroperasi lebih dari 200 negara. TNT N.V. masuk dalam bursa dagangan Euronext Aamsterdam dan New York Stock Exchange. TNT mengoperasikan Royal TNT Post BV, TNT Express, TNT Logistics, dan TNT Post yang beroperasi di semua negara-negara di Eropa.











Tidak ada komentar:

Poskan Komentar